Selasa, 02 Maret 2010

senyuman ^_^


disalin dari  rinduku.wordpress.com

Dikampung tempat saya dilahirkan, saya memiliki seorang sepupu “si bolang” :) bocah kecil dari kampung, bocah ini selalu tersenyum kepada siapa saja yang ia temui, bahkan dia membalas mata Ibunya yang melotot saat mainannya berantakan juga dengan senyum, kenakalannya bahkan tak mampu membuat siapapun marah, senyumnya mampu meluluh lantakan hati setiap yang melihatnya :) keajaiban senyum sungguh… atau lebih tepatnya bahasa senyum.
Belajar dari bocah kecil ini, saya mulai paham bahwa apa yang guru mengaji saya katakan senyum itu ibadah sungguh benar adanya, senyum adalah obat duka hati yang tak perlu ditebus diapotik,  sesuatu yang sulit menjadi mudah karenanya :) saya jadi ingat ketika seorang polisi memberhentikan mobil saya karena sedikit melanggar aturan, kemudian tanpa sengaja saya tersenyum sekedar mentertawakan kebodohan saya melakukan kesalahan itu, alhasil pak polisi batal mengeluarkan surat tilang dan hanya bilang “lain kali hati hati ya mbak” ah padahal senyum itu tidak sengaja loh, tetap mampu mengurai amarah.
Menurut saya senyum itu bahasa jiwa, meluruhkan resah, ketika saya resah maka senyum orang terdekat saya akan membantu saya melewati masa masa resah artinya ibadah bagi yang memberikan senyum karena membantu meringanakan beban sang pemilik resah, bahkan ketika saya tidak memiliki apa apa yang bisa saya sedekahkan untuk mengumpulkan pahala hari ini, senyum adalah salah satu cara mendapatkan pahala :)  
Subhanallah, sudah hati bahagia dapat pahala pula, terbayang gak ketika kita dihisab di akhirat nanti kita akan terkaget kaget karena pahala kita banyak sekali, ternyata itu semua dari senyum yang mungkin tanpa sengaja kita berikan :)
Saya jadi ingat seorang sahabat saya yang dipanggil sang pemilik napas untuk pulang, didetik saat sakaratul maut sahabat saya ini nampak tersenyum, tak terlihat ia merasakan sakit bahkan saat jiwanya berpisah dari raga, dan semua yang berada diruang ICU pada saat itupun lupa menangis, senyum manis perempuan muda saat menghembuskan napas terakhirnya menyuratkan arti bahagia, sahabat saya pasti melihat cahaya yang indah menuju lorong kepulangan bukan lorong yang gelap menakutkan. Iya senyum terakhir ini mampu meluluh lantakan rasa sedih karena kepergiannya, tak ada tangis lagi karena teryakini dengan kehidupan yang lebih indah setelah kepulangannya. Berpulang dengan senyum adalah tujuan akhir napas bukan? :)
Guru mengaji saya pernah mengatakan bahwa ”Rasulullah senantiasa berwajah ceria, beliau pernah besabda Janganlah terlalu membebani jiwamu dgn segala kesungguhan hati. Hiburlah dirimu dgn hal-hal yang ringan dan lucu sebab bila hati terus dipaksakan memikul beban-beban yg berat ia akan menjadi buta…
Semua kita diberi bibir yang indah oleh ALLAH maka jadikan bibir indah ini ladang ibadah, wajah cantik akan menjadi buruk rupa ketika terhias kesombongan hanya gara gara pelit senyum, masalahnya sang pemilik wajah tidak mengunakan bibirnya sebagai ladang ibadah… Ketika ujian demi ujian ALLAH datang dan kita masih bisa tersenyum ini adalah bagian dari sabar, bagian dari tidak mengeluh dan bagian dari ikhlas.
Jadi mulai hari ini jadikan senyum sebagai ladang ibadah, meluluh lantakan bumi yang kian hari kian panas dan jangan kaget ketika diakhirat nanti timbangan amal kita menjadi berat dan bahkan  mungkin mampu menghapus timbangan dosa dosa kita, maka itu insya ALLAH dari senyum tulus yang kita berikan …
Iya, as simple as that Islam mengajarkan saya lewat si bolang, gampang kan yah mengumpulkan pahala? daripada cemberut, udah bikin wajah cepet tua, orang juga males liatnya, gak dapat pahala lagi, rugi deh !! padahal didunia ini gak ada yang sulit kalau kita memandang semua masalah dengan senyum  :)
Gak punya duit senyum, gak punya pacar ya tetep bisa senyum … jadi jangan katakan betapa besarnya malasah yang ALLAH hadirkan tapi katakan betapa maha besarnya ALLAH yang akan menyelesaikan segala masalah :) senyum aja dulu, abis itu minta diringankan oleh ALLAH, minta diberi jalan keluar dan senyum juga ke ALLAH :) jangan cemberut ke ALLAH apalagi marah, orang tinggal dikembalikan ke ALLAH koq semua masalah, pasti ada jalan keluarnya,
:) Gitu aja koq repot…  [om GurDur mode on]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bagaimana dengan hati kita ?

sejak 22 03 2010